1. Riset tentang AI dimulai pada awal tahun 1960-an, percobaan pertama adalah membuat program permainan A. Sepak bola B. Tennis C. Ludo D. Catur 2. Menurut Winston dan Prendergast [1984], Perspektif AI dari sisi Tujuan AI kecuali? A. Membuat mesin menjadi lebih pintar B. Memahami apa itu kecerdasan C. Menghancurkan sebuah mesin D. Membuat mesin lebih bermanfaat 3. AI adalah sekelompok alat bantu (tools) yang berdaya guna, dan metodologi yang menggunakan tool-tool tersebut guna menyelesaikan masalah-masalah? A. Ekonomi B. Bisnis C. Sosial D. Politik 4. Permainan merupakan bidang yang menarik dalam studi? A. Penelitian B. Kasus C. Heuristic D. Natural 5. Sistem sensor, seperti sistem vision, sistem tactile, dan sistem pemrosesan sinyal jika dikombinasikan dengan AI, dapat dikategorikan kedalam suatu sistem yang luas yang disebut? A. Sistem vision B. Sistem robotik C. Sistem Informasi D. Sistem pemodelan 6. Suatu teknologi yang memberikan kemampuan kepad...
DOMAIN PENELITIAN DALAM KECERDASAN TIRUAN Formal tasks (matematika, games) Mundane task (perception, robotics, natural language, common sense, reasoning) Expert tasks (financial analysis, medical diagnostics, engineering, scientific analysis, dll) PERMAINAN (Game) Kebanyakan permainan dilakukan dengan menggunakan sekumpulan aturan. Dalam permainan digunakan apa yang disebut dengan pencarian ruang. Teknik untuk menentukan alternatif dalam menyimak problema ruang merupakan sesuatu yang rumit Teknik tersebut disebut dengan HEURISTIC Permainan merupakan bidang yang menarik dalam studi heuristic NATURAL LANGUAGE Suatu teknologi yang memberikan kemampuan kepada komputer untuk memahami bahasa manusia sehingga pengguna komputer dapat berkomunikasi dengan komputer dengan menggunakan bahasa sehari-hari. ROBOTIK DAN SISTEM SENSOR Sistem sensor, seperti sistem vision, sistem tactile, dan sistem pemrosesan sinyal jika dikombinasikan dengan AI, dapat dikategorikan kedalam suatu sistem yang luas yang...
PENDAHULUAN Kecerdasan Tiruan telah menjadi salah satu cabang riset yang sangat aktif dan produktif bagi para ilmuwan dibidang komputer dan psikologi lebih dari 50 tahun. Pada umumnya Kecercasan Tiruan dapat dikelompokan dalam 3 bagian. TIGA KELOMPOK KECERDASAN TIRUAN Kecerdsan Tiruan dapat dikelompokan menjadi tiga kelompok sebagai berikut: Sistem berbasis pengetahuan (knowledge-based systems, KBS): model dinyatakan secara eksplisit dan dibangun menggunakan kata dan symbol. Inteligensia berbasis komputasi (Computational intelligence, CI): model secara implisit yang dinyatakan dengan teknik-teknik numerik. Hybrid (campuran). Sistem Berbasis Pengetahuan (KBS) KBS meliputi teknik-teknik seperti rule-based, case-based reasoning, dan induction systems. Karena pengetahuan dimodelkan secara eksplisit dengan menggunakan kata dan simbol, ia dapat dibaca dan dimengerti oleh manusia. Meskipun teknik berbasis simbol telah mengalami sukses untuk domainnya yang relatip sempit, namun ia tetap mengan...
Komentar
Posting Komentar