Pengertian dan Perspektif Kecerdasan Tiruan Oleh Farid Anggoro
- Pengertian Kecerdasan Tiruan
- H. A. Simon [1987]: kecerdasan buatan (artificial intelligence) merupakan kawasan penelitian, aplikasi dan insruksi yang terkait dengan pemrograman komputer untuk melakukan sesuatu hal yang dalam pandangan manusia adalah cerdas.
- Rich and Knight [1991]: kecerdasan buatan (AI) merupakan sebuah studi tentang bagaimana membuat komputer melakukan hal-hal yang pada saat ini dapat dilakukan lebih baik oleh manusia.
- Encyclopedia Britannica: kecerdasan buatan (AI) merupakan cabang dari ilmu komputer yang dalam merepresentasikan pengetahuan lebih banyak menggunakan bentuk simbol-simbol daripada bilangan, dan memproses informasi berdasarkan metode heuristic atau dengan berdasarkan sejumlah aturan.
Pespektif AI dari sisi Tujuan AI
menurut Winston dan Prendergest [1984]:
- Membuat mesin menjadi lebih pintar (tujuan utama)
- Memahami apa itu kecerdasan (tujuan ilmiah)
- Membuat mesin lebih bermanfaat (tujuan entrepreneurial)
Perspektif AI dari makna Kecerdasan (Intelligence)
- AI adalah bagaimana membuat mesin yang "cerdas" dan dapat melakukan hal-hal yang sebelumnya dapat dilakukan oleh manusia
Perspektif AI dari sisi bisnis
- AI adalah sekelompok alat bantu (tools) yang berdaya guna, dan metodologi yang menggunakan tool-tool tersebut guna menyelesaikan masalah-masalah bisnis.
Perspektif AI dari sisi pemrograman (Programming) 1
- AI termasuk didalamnya adalah studi tentang pemrograman simbolik, pemecahan masalah, prosespencarian (search)
- umumnya program AI lebih fokus pada simbol-simbol daripada pemrosesan numerik (huruf, kata, angka untuk merepresentasikan obyek, proses dan hubungannya)
- pemecahan masalah -> pencapaian tujuan
- search -> jarang mengarah langsung ke solusi. proses search menggunakan beberapa teknik.
Perspektif AI dari sisi pemrograman (Programming) 2
Bahasa pemrograman yang sering digunakan AI:
- LISP, dikembangkan awal tahun 1950-an, bahasa pemrograman pertama yang diasosiasikan dengan AI
- PROLOG, dikembangkan pada tahun 1970-an
- Bahasa pemrograman berorientasi obyek (Object Oriented Programming (Objective C, C++, Smalltalk, Java))
Perspektif AI dari sisi penelitian (research)
- Riset tentang AI dimulai pada awal tahun 1960-an, percobaan pertama adalah membuat program permainan (game) catur, membuktikan teori, dan general problem solving (untuk tugas-tugas sedrhana)
- "Artificial intelligence" adalah nama pada akar dari studi area.
Sumber: Online Learning Uhamka
Komentar
Posting Komentar